Final Fantasy XIV yang telah online sejak tahun 2010, dan tentu melewati tambal-sulam dan jatuh bangun dalam mempertahankan konten dan minat pemain, telah menjadi salah satu legacy dan sejarah penting di genre game MMOPRG. Di bawah arahan Naoki Yoshida (juga terkenal dengan panggilan Yoshi-P), Final Fantasy XIV mengalami banyak transformasi, menelurkan ekspansi berjudul Heavensward, Stormblood, Shadowbringer, dan Endwalker.
Namun, ketika game ini mendekati dekade kedua, Yoshi-P mengaku khawatir kalau Final Fantasy XIV itu udah kelamaan bersantai-santai.
Lha, kok gitu.
Yoshi-P: Kita semua udah terlalu santai, tapi tenang, Ekspansi Dawntrail tidak akan begitu
Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan Famitsu, Yoshi-P mengungkapkan kekhawatiran tentang penurunan tingkat kesulitan dan kegembiraan di Final Fantasy XIV. Doi mengeluh tentang kurangnya rintangan berbahaya yang memorable di ekspansi-ekspansi sebelumnya. Banyaknya fitur yang memudahkan aksesibilitas, ditambah kurangnya tantangan, telah mengakibatkan penurunan tingkat keterlibatan di antara pemain di dalam Final Fantasy XIV, tambahnya lagi.
Yoshi-P berkomitmen untuk menyuntikkan rasa tantangan baru ke dalam Final Fantasy XIV. Doi menekankan pentingnya melampaui harapan pemain dan memperkenalkan unsur-unsur yang tidak terduga untuk membangkitkan kembali kegembiraan dan kesulitan dalam permainan. Doi juga mengakui bahwa keseimbangan antara tantangan sulit dan aktivitas bersantai-santai harus seimbang untuk mempertahankan minat bermain.
Sebagai sutradara, Yoshi-P telah menguraikan visinya untuk masa depan Final Fantasy XIV Online, bahwa tingkat stres dan kompleksitas, akan meningkat di ekspansi mendatang.
Dawntrail akan jauh lebih sulit dari ekspansi sebelumnya
Dawntrail adalah judul keenam dalam lore yang dikembangkan di Final Fantasy XIV. Dijadwalkan dirilis pada musim panas 2024, Dawntrail menjanjikan tidak hanya tantangan yang meningkat, tetapi juga perbaikan visual dan ekspansi naratif yang lebih banyak plotnya.
Dalam penutup wawancara, walau Yoshi-P mengakui adanya potensi skeptisisme di kalangan pemain akibat overhaul dan keputusannya membuat Dawntrail menjadi game yang tidak lebih santai dari judul sebelumnya, Yoshi-P kembali menegaskan bahwa apapun keputusannya, ia hanya berpegang pada komitmen untuk meningkatkan pengalaman bermain secara keseluruhan.