Apa Aja Nih Hal-Hal Menarik dan Baru di Monster Hunter Wilds?

Apa Aja Nih Hal-Hal Menarik dan Baru di Monster Hunter Wilds?

Beta test Monster Hunter Wilds akhirnya abis juga di tanggal 4 November 2024. Belom tau lagi nih bakal diadain lagi apa nggak dalam waktu deket ini.

Respon para gamer pun beragam, terutama buat gamer yang main di PC. Performanya Monster Hunter Wilds ini berat banget di luar dugaan. Untuk spek PC mayoritas pun ngalamin banyak kendala nggak cuma dari performa, tapi juga dari kualitas render gamenya.

Meme low-polygon dan origami monster ini pun langsung bertebaran di internet karena emang kocak, yha.

Rei-Origami-Dau.



Walau banyak komplenan spek yang berat, game ini teteplah Monster Hunter. Game ini tuh udah bukan sekedar game, tapi udah menjelma ibarat suatu genre. Saking populer dan terkenalnya, kayaknya Monster Hunter tuh nggak butuh pemain, tapi pemain yang butuh game ini.

Bahkan seri Monster Hunter di PS2 dan di Nintendo 3DS pun masih banyak yang mainin, dan para pemain sampai bela-belain bikin server khusus untuk bisa dimainin secara online. Yah… walau bajakan sih.

Tapi, secinta itu lah para gamer dengan titel Monster Hunter.

Monster Hunter Rise yang dianggap jelek grafisnya dan dianggap gampang banget battle-nya, laku keras juga dengan angka penjualan 15 juta kopi dalam seminggu. Dan ini cuma di Switch doang pula. Karna Monster Hunter Rise emang dijual timed-ekslusif untuk Switch.

Perayaan 100 juta kopi untuk seluruh titel Monster Hunter yang pernah dirilis secara global.



Nah, sekarang bayangin aja dulu untuk Monster Hunter Wilds. Gimana nasibnya?

Sepuluh juta kopi dalam 5 hari mah bukan hal yang mustahil kayaknya.

Terus nih, apa aja yang seru, berbeda, dan baru di Monster Hunter Wilds? Yahh ini sedikit rangkumannya dari 10-an jam main di beta test kemarin.

Siapa tau mau liat yang versi video kan, yha.



Sistem Gathering Hub yang Luas dan Seamless

Hubnya rame, kayak lagi main MMORPG dan bisa nampung puluhan orang. Di mode beta test ini, ketika kita memutuskan untuk main online, kita akan langsung ketemu banyak orang di hub atau lobby yang udah disediain. Karna ini masih beta test, jadi kita akan digiring untuk main online buat ngetes kekuatan server.

Yahhh, bisa lah yha nampung 20-30 orang, walaupun kapasitasnya bisa sampe 100 orang per lobby.



Kalo udah full release, mungkin bisa dimainkan full mode offline.

Hunting monster di map juga kerasa seamless banget. Ketika kita milih monster buat dihunt di map, kita bakal langsung auto-posting quest.

Ada 2 jenis cara bikin party di gathering hub yang rame itu. Ada yang namanya Link Party, ini tuh kayak mabar biasa, terdiri dari 4 aorang, tapi kita nggak bisa ngeliat aktivitas member lagi ngapain aja di map. Masing-masing member pun bisa berburu monster berbeda tapi tetep berada di 1 party. Kalo mau hunting suatu monster, tinggal invite aja.



Ada juga yang namanya Environmental Link Party. Masih sama dengan jumlah 4 orang dalam satu party, tapi bedanya masing-masing member bisa ngeliat  semua aktivitas member yang ada di dalam party, dan langsung bisa trigger hunt semua monster di map tanpa perlu bolak-balik posting quest di hub. Kalo ketua party udah nentuin target monster, semua member langsung keseret untuk nge-hunting monster yang udah ditentukan.


Dynamic Weather dan Dynamic Ecosystem

Yha, sebenernya hal ini udah dikasitau sejak trailer MH Wilds yang pertama sih.

Di mode beta test ini, kita bisa ngeliat perubahan cuaca dari Terik, terus tiba-tiba badai pasir, terus badai petir. Petirnya juga bisa nyamber ke pemain juga. Environmental damage lah yha.

Carcass yang udah slayed dan carved kalo dibiarin beberapa menit, nggak langsung ilang gitu aja, tapi sekarang bisa dilalerin dan keliatan membusuk.



Monster yang udah kita slay dan carving pun carcass-nya nggak langsung ilang, tapi bisa dilaletin dan membusuk. Yhaa, quality of life improvement. Karena ini baru ditampilin lewat beta, berarti masih akan ada banyak detail keren yang lain pas nanti versi full rilisnya.

Di beta test kemarin sebenernya juga ada aktivitas under water-nya, tapi nggak sempet dieksplor karena keterbatasan waktu main, haha.




Sistem Traversal yang Lebih Gacor

Yha, Seikret atau tunggangan ayam kita ini bisa membawa 1 senjata lagi. Jadi pas kita lagi nunggangin ayamnya, kita langsung bisa tinggal ganti senjata, ngga perlu balik ke tenda Cuma buat ganti senjata. Setingan senjata cadangan ini bisa digonta-ganti di dalem tenda.

Dan nunggangin ayam atau mount ini pun ngga ada batasan, pas di tengah battle lawan monster pun kita bisa bersiul aja manggil si ayam buat kabur dari environmental damage, atau kabur dan ganti senjata.

Paling enak dipake untuk kabur dari ulti monster.



Walah, makin gampang aja ini buat kabur.

Seikret ini juga masih ngebawa fitur autopilot dari mount Malamute di monster hunter Rise. Jadi tinggal set waypoint aja ke monster yang dipengin, dan tinggal pencet aja si Seikret ini untuk autopilot.


Tenda sachet

Alias tenda yang bisa dibawa-bawa, tinggal cabut pasang di tempat-tempat yang udah disediain. Di betas test-nya, Handler kita, Mia Khalif Alma, dan Palico, bakal ngasitau tuh kalo kita ngelewatin tempat-tempat yang bisa dijadiin tempat beristirahat dan diriin tenda.



Sebenernya hal ini juga nggak baru-baru amat sih di dunia Monster Hunter, Monster Hunter World dan Rise juga bisa diriin tenda di map sebagai alat buat fast travel.

Yang bikin beda di Monster Hunter Wilds, tenda ini beneran bisa dibawa-bawa dan sistemnya cabut-pasang. Lokasi yang ditentuin buat masang tenda pun jauh lebih banyak dari Monster Hunter World dan Rise.


Mekanik Bertarung Tambahan

Selain lineup monster, hal lain yang paling ditunggu-tunggu di Monster Hunter tuh, mekanik baru yang kayak gimana lagi untuk tiap senjata. Tiap pemain Monster Hunter tuh pasti punya 1 jenis senjata andalan atau senjata yang paling sering dipake.

Kalo di Monster hunter Rise ada mekanik wirebug, di Monster Hunter Wilds keliatannya emang masih mengusung mekanik yang sama yang ada di MH World, tapi kali ini ketambahan 3 mekanik baru.

Ya, ada fitur Clash, Offset, dan Focus Mode.

Focus mode. Intinya tuh, fitur ini akan membantu kita buat ngarahin tiap ayunan dengan tepat ke arah monster walau positioning kita acak-acakan. Selain buat ayunan senjata yang lebih presisi, focus mode ini juga jadi fitur baru buat weakness eksploit monster yang udah wound atau terluka. Masing-masing senjata punya animasi focus modenya sendiri.



Lalu ada Power Clash. Mekanik ini ini tuh sederhananya ngadu mekanik depan-depanan di muka monster dengan cara build up guarding dan deflect. Fitur Power clash ini cuma bisa dipake menggunakan senjata-senjata yang punya mekanik guard kayak GS, Gunlance, Lance, SnS, dan Heavy Bow Gun.

Fungsi power clash ini ya intinya buat bikin stagger aja sih.



Cara trigger-nya wajib konsisten nge-guard atau nangkis serangan monster dengan cara bertahan. Kalo udah beberapa kali berhasil, nanti akan muncul tombol Quick time Event atau QTE di layar dan keluar deh tu power clash-nya.

Sayangnya power clash punya threshold yang berat alias kalo udah berhasil sekali, akan sulit buat trigger yang kedua kali dan seterusnya. Mungkin mirip-mirip sama threshold mounting monster. Nggak bisa klen spam, yha.

Lalu, ada juga nih yang namanya, Offset.

Buat kalian para pengguna senjata-senjata berat macem GS, HH, Switch Axe, Hammer, dan HBG, pasti bakalan seneng nih. Senjata-senjata ini di MH Wilds jadi punya sistem counter tambahan selain yang udah ada di MH World. Yha, senjata-senjata berat ini punya Movement yang disebut offset untuk nge-parry serangan monster.



Yha, movement ini sebenernya udah ada di MH World. Pencet tombol segitiga+bulet, ayunan senjata berat ke arah atas ini akan nge-parry serangan monster kalo timingnya tepat. Yahhh, high risk high reward lah yha, kalo nggak ketangkis, siap-siap carting aja.

Sistem offset ini juga bisa ditambah dengan serangan lanjutan yang bisa bikin monster stagger.

Walau mekanik offset ini bisa di-spam, tapi kayaknya ada threshold yang nggak bisa dieksploit kalo udah keseringan dipake, jadi monster nggak bakalan stagger mulu kalo kena offset.

Nah, gimana, udah siap speed running no damage full offset only?


Fitur Sakratul Maut Atau Ultra Instinc

Fitur ini tuh akan muncul kalo health bar kita sekarat atau merah. Warning ini muncul dengan tanda denyut jantung yang berkelap-kelip.

Jadi, kita akan jadi lebih waspada dan nggak asal pukul kalo health bar kita udah merah. Tapi… adanya trigger warning saat health bar lagi merah ini juga kayak sedikit ngasih tau movement berbahaya monster selanjutnya, jadi kita kayak pake observation haki  atau ultra instinc beberapa detik untuk kabur dari serangan monster yang bikin carting.



Nah, mungkin segitu dulu aja hal-hal menarik dan penting yang bisa kita temuin di beta testnya Monster Hunter Wilds. Kalo kalian nemuin hal-hal menarik lain di MH wilds yang nggak sempet gue bahas, komen di bawah aja yak.

Sampai jumpa di hari perilisan Monster Hunter Wilds Februari taun 2025!

By The Weakling Casuls

Menulis berita dan opini seputar gaming setiap hari. Sering kena roasting sama akun anon di grup Facebook PC dan konsol bajakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index